-->

Pengalaman Buruk Buka Rekening Bank Commonwealth Indonesia

 Beberapa waktu lalu saya buka rekening di salah satu bank digital Indonesia yang katanya bisa registrasi pembukaan rekening secara online dangan mudah dan cepat. Awalnya dapet info ini dari temen di facebook, kemudian kita tanya-tanya detailnya soal bank yang satu ini.

halaman muka aplikasi commonwealth

Menurut temen-temen sih bagus dan malahan ada yang dapet cashback dari pembukaan rekening bank Commonwealth ini. Nggak lama dari itu saya langsung aja buka rekening di Commonweath Indonesia yang aplikasinya ada di Google Play. Bank aplikasi bank Commonwealth tapi kita pilih yang Indonesia, jangan yang Australia.

Setelah dibuka tampilan dari aplikasi ini cukup bagus dan menggoda, bernuansa kuning emas mirip bank Danamon yang elegan. Tapi ada biru putihnya yang menarik pandangan mata. Hanya saja belum nyampe ke menu akun dan fitur didalamnya.

Proses registrasi bank digital ini mirip seperti bank lain, kita foto KTP sama selfie, isi data lengkap, dan diujung verifikasi akhir kita akan diminta video call untuk memastikan bahwa kita emang manusia yang mendaftar ke bank ini.

Permasalahan pun muncul saat kita udah berhasil verifikasi video call. Ketika cs bilang kalo akun kita udah aktif ternyata kita nggak bisa login, dan justru disuruh dateng ke kantor cabang terdekat. Padahal kan kita tau kalo bank-bank pendatang baru itu sangat minim cabangnya di kota-kota Indonesia.

Yang nggak masuk akalnya lagi adalah, kenapa bank digital registrasinya harus ke cabang?

Untuk menjawab pertanyaan diatas kita perlu memunculkan stigma negatif bahwa ternyata si bank tersebut belum siap memunculkan fitur bank digital yang sepenuhnya diakses secara online. Beda sama bank lain, misal bank BCA Mobile yang beberapa waktu lalu berhasil dibuka hanya dengan video call aja.

Setelah saya konfirmasi lewat email tentang keluhan ini, jawaban cs sama aja. Kita disuruh dateng ke cabang terdekat. Yang ketika diliat di maps ternyata jauh, sekitar 5 jam perjalanan dari kota tempat tinggal. Mana mungkin kita dateng kesana hanya untuk membuka rekening seperti ini.

Bahkan rekeningnya aja belum jelas, belum tau ke depannya seperti apa. Secara logika udah bisa dipastikan orang-orang nggak bakalan dateng ke cabang hanya untuk melanjutkan pembukaan rekening. Kecuali ada alasan tertentu.

proses video call verifikasi rekening

Sejatinya bank digital adalah sebuah inovasi dari dan untuk kita dalam memudahkan akses perbankan. Anggap aja kita males ngantri ke bank, bisa gunakan pembukaan rekening secara online yang full dari hape android. Seperti bayangan masyarakat "hanya dalam genggaman udah bisa buka rekening".

Tapi kalo kenyataannya kayak gitu sih ada baiknya pake opsi yang lain. Saya nggak bermaksud menggiring opini untuk menjauhi pihak tertentu, ini murni berbagi pengalaman pribadi yang bisa dijadikan pembelajaran. Seperti waktu itu ada yang viral kasus bank Jenius di facebook yang katanya uang ratusan juta hilang dalam sekejap, kita bisa ambil pelajaran dari sana juga.

Saran untuk yang buka rekening bank Commonhealth Indonesia ini silakan buka dengan data yang jelas, kalo KTP burem sebaiknya bikin kinclong dulu. Kalo isi data jangan asal, pastikan semuanya sesuai dan dapat diterima sama pihak bank terkait.

0 Response to "Pengalaman Buruk Buka Rekening Bank Commonwealth Indonesia"

Posting Komentar