-->

Pengalaman Beli Motor STNK only yang Harus Kamu tau

 Harus diakui kalo kebanyakan dari kita emang masih pake motor sebelahan, misalnya tetangga kamu. Ya kan? Istilah motor sebelahan adalah motor yang surat kelengkapannya nggak komplit, biasanya hanya ada STNK nya aja atau biasa disebut STNK Only di grup jual beli online.

pengalaman beli motor stnk only
motor beat milik ughtea Bekasi


Aku aja pernah kok pake motor sebelahan kayak gitu yang stnk nya doang. Bukan karena pengen melanggar bukti kepemilikan surat-surat kendaraan. Karena nggak ada aja uang nya buat beli yang komplit. Secara kalo kita bandingkan sama yang surat lengkap harganya tuh bisa 50:50 sama yang sebelahan.

Misal motor bekas harga 10 juta yang surat lengkap, bisa kita beli 5 juta dengan surat stnk only. Tapi emang kita nggak bisa bebas aja gunainnya. Apa aja sih yang harus diketahui sebelum kita beli motor stnk only? Simak point berikut hayuk!

Motor STNK Only Tidak Bisa Perpanjang Pajak

Kalo kita tau kelemahan motor stnk only udah tentu lebih milih nabung buat beli motor yang surat nya lengkap. Motor sebelahan ini nggak bisa kita perpanjang pajak kendaraannya secara resmi, karena kita akan ditanyakan file atau berkas yang lain terkait motor tersebut waktu perpanjangan.

Pernah sih ada temen yang bisa perpanjang pajak motor stnk dia, cuman ya itu harus lewat orang-orang yang udah biasa di bidangnya. Misal ke biro jasa pembayaran pajak motor, atau biro jasa lain yang masih berhubungan.

Sekedar informasi aja kalo motor stnk only biasanya (tapi nggak semua) udah diblokir sama pemilik lama biar nggak disalahgunakan. Jadi kalo udah diblokir gitu pajak nya nggak bisa diperpanjang. Tapi nggak semua ya!

Motor Tanpa BKPB Nggak Bisa Pinjem Duit ke Bank

Nah kalo ini biasanya hoby nya mereka yang suka pinjem duit gitu ke bank. Kan kalo kita mengajukan pinjaman ke bank manapun harus ada jaminan berupa surat, bisa surat tanah, surat kendaraan, atau surat aset apapun. Kalo kita pake motor buat jaminan pinjaman ke bank biasanya yang diminta itu surat BPKB nya aja bukan STNK.

Jadi kita nggak bisa mengajukan pinjaman ke bank hanya dengan jamina surat stnk dari motor sebelahan. Itu kekurangan motor stnk only yang harus dipertimbangkan juga. Kecuali kalo emang kamu nggak terlalu butuh hal ini, silakan dibungkus.

Nggak Bebas, Bisa Diambil Leasing

Biasanya kalo motor sebelahan ini dia belum lunas dan masih dalam angsuran ke pihak leasing tertentu. Akibatnya mungkin sering terjadi penarikan paksa motor dijalan oleh debtcolektor yang udah kerjasama dengan pihak leasing. Mereka akan meminta paksa kendaraan yang belum lunas yang udah disimpan di data mereka.

Nggak semua motor stnk only itu motor leasing ya.. Ada juga kok motor yang emang BPKB nya udah hilang, entah dicuri, entah kebakaran, ketinggalan, digadaikan, atau hal lain yang bisa langsung ditanyakan aja ke penjualnya. Kalo aman, gas aja langsung dibeli.

Kalo pernah beli yang sebelahan stnk only tapi yang masih milik leasing. Akibatnya berulang kali dirampas paksa dijalan. Tapi alhamdulillah masih bisa balik karena ada perjanjian khusus sama yang jual dan kita harus pinter ngomong juga. Dan harus ada orang yang bisa dimintai pertolongan terutama yang paham soal debtcolektor ini. Misal si penjual motor.

Motor STNK Only Harga Lebih Murah, Cocok Dijadikan Motor Pertama

Kalo kita punya duit pas-pasan ya emang cocoknya sih jangan maksain. Apalagi kalo kebutuhannya cuma sekedar keliling di komplek, atau mau buat dipake ke warung, atau ke sawah. Bisa pake motor sebelahan juga nggak terlalu bermasalah, tapi tetep pastikan kalo surat STNK nya asli. Jangan sampe surat palsu, udah sebelahan, surat palsu, nanti kita bisa dituduh penadah kalo ternyata motornya barang curian.

Aku juga ada sih yang motor nya sengaja dipake buat kebutuhan ke sawah, kerja di sekitar kampung, yang nggak ngelewatin jalan raya. Jadi kalo sekedar dijalan biasa yang nggak rame dan nggak pernah ada operasi kendaraan sama polisi ya gapapa. Karena kita butuhnya cuma buat angkut padi, atau ngarit ke sawah, ya itu udah umum juga banyak yang pake kayak gitu.

Motor STNK only Buat ke Sekolah dan Kerja

Hmm..  Kalo ini kayaknya sangat beresiko ya.., kalo kita ke sekolah terus ngelewatin jalan raya bisa berabe juga. Mungkin pas awal kita beli pajak nya masih hidup, aman ya. Tapi lewat 1 tahun 2 tahun bisa aja kan pajak nya nggak kamu perpanjang? Lebih lagi kalo kamu nggak punya SIM karena masih sekolah, atau belum sempet bikin karena baru pertama kerja.

Sebaiknya siapkan dulu perlengkapan berkendara sebelum akhirnya butuh kendaraan buat kesana-kesini menjalani kewajiban atau rutinitas baru. Penting loh kita mempersiapkan semuanya, misal SIM, STNK, KTP udah pasti, dan sejenisnya. Artinya kita bisa lebih bertanggungjawab untuk diri kita sendiri dan sekitar.

Semoga artikel ini bisa membantu kamu buat mengambil keputusan apakah cocok beli moto STNK only nggak? Kalo saran aku ya silakan sesuaikan aja sama budget, kebutuhan, dan kesiapan kamu. Jangan lupa share tulisan ini ke temen, orang tua, dan sodara kamu biar mereka dapet info yang keren ini soal motor stnk only!

**gambar di blog ini hanyalah ilustrasi, tidak menggambarkan keadaan sesungguhnya

0 Response to "Pengalaman Beli Motor STNK only yang Harus Kamu tau"

Posting Komentar