-->

Ternyata Ini Penyebab Gigi Ngilu Tiba-tiba

Gini, aku mau nanya.. Pernah gak sih kamu ngerasa sakit ngilu gitu giginya pas lagi masukin sesuatu ke mulut? Misal kayak pas mau makan makanan yang panas atau dingin, atau malah makan yang biasa juga kerasa sakit ngilu?

gigi ngilu - via klikdokter



Jujur aja kalo aku pernah ngerasain hal itu, makanya sekarang mau aku share pengalaman yang belum lama ini aku alamin. Beberapa waktu lalu aku ngalamin gigi sensitif yang ciri-cirinya kalo kita mau makan itu kerasa ngilu, terus aku tahan pake pipi yang dihimpit pake tangan. Walaupun nggak ngasih perbedaan yang signifikan tapi bisa untuk mengelabui syaraf rasa sakit ke otak.

Makanannya bisa pas manis, panas, dingin, bahkan makanan biasa juga nggak jadi tolak-ukur buat si gigi sensitif menunjukan eksistensinya. Sakit tetep aja sakit. Kalo aku pernah ngalamin semua, dari mulai makan panas, minum dingin, makan manis, dan yang terakhir sekaligus paling aneh adalah makan makanan yang biasa, tapi entah karena apa kok giginya kayak sakit karena sensitif itu.

Mungkin karena emang lagi diem lama, nggak makan apa-apa tiba-tiba aku isi mulut pake makanan kali ya, jadi kerasa sakit. Gak masuk akal.

Jadi gimana solusinya? Kalo kita mau solusi, mari cari tau dulu apa penyebab gigi jadi sensitif tiba-tiba berikut ini:
  • Makan Panas, Dingin, Manis, Unknown
Sifat makanan yang aku sebutin diatas emang kayak sepele, tapi dia nggak bisa dianggap remeh. Diem-diem itu juga bisa jadi penyebab sakit gigi sensitif kamu. Misal kalo kamu makan panas udah kebal, terus kamu lakuin kebiasaan jelek itu berulang kali sampe lamaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa..... banget. Itu adalah cikal bakal tumbuhnya penyakit gigi sensitif. Aku juga dulu gitu, sok-sokan kebal makan panas, ada es batu dikeletuk, ya jadinya gini deh.
  • Nggak Menjaga Kebersihan Mulut
Terus ini nih yang sering semua orang lewatkan, keculai mereka yang punya jiwa kedisiplinan kuat yang mampu ngelakuin ini. Mulai dari hal kecil aja, sikat gigi 2 kali sehari. Hayoh ngaku! Berapa kali kamu sikat gigi hari ini? Atau kemaren deh, berapa kali? Kalo 2 kali ya syukur, masih bisa jaga kesehatan gigi dan mulut dengan cara yang sangat sederhana. Kalo kemaren aja sikat gigi cuman sekali, ya otomatis kamu nggak bisa atau kurang menjaga kebersihan mulut.
  • Masalah Pada Gusi
Nah, kalo ini emang yang sering terjadi. Aku aja sebenernya curiga kalo gigi sensitif itu ada kaitannya sama gusi yang sakit. Soalnya aku juga lagi sakit gusi juga ini, udah lama aku sakit gusi. Udah berapa kali pake obat belum juga dikasih kesembuhan sama yang memberi sakit. Kalo kata dokter yang sering muncul di google pencarian, sakit gigi sensitif itu ada kaitannya sama sakit gusi. Kalo gusi udah sering sakit udah pasti sakit gigi sensitif lagi mengintai juga.

So, itulah beberapa bahasan aku kali ini semoga bisa membantu berbagi pengalaman dan juga informasi ke temen-temen semua yang udah baca artikel ini sampe sini. Semoga apa yang aku sajikan disini bisa bermanfaat buat temen-temen yang udah baca. Jangan lupa untuk selalu membagikan artikel keren ini ke temen-temen kamu yang lain, ya!

0 Response to "Ternyata Ini Penyebab Gigi Ngilu Tiba-tiba"

Posting Komentar