-->

Untuk Anak Muda: Bisnislah Dari Yang Paling Sederhana dan Enak Dijalankan

Aku yakin siapa aja yang lagi baca tulisan ini adalah karena lagi jenuh sama kehidupannya dan pengen sesuatu yang baru, misal membangun bisnis. Tapi apakah ada bisnis yang cocok buat kamu yang bisa dibilang belum tau apa-apa?

bisnis anak muda via shopback

Gini deh, pasti disini banyak yang pengen punya bisnis tapi nggak mau ribet kan? Dan juga pada pengen cepet-cepet sukses. Sukses dalam konteks punya uang banyak dan terbeli kendaraan baru. Baik itu motor, atau pun mobil. Tapi apa ada?

Jauh sebelum itu semua kita harus benerin dulu mindsetnya. Kenapa kamu pengen berbisnis? Apakah siap? Apakah sanggup? Seberapa lama tahap uji coba nya? Itu semua perlu dijawab dan dipersiapkan dengan matang lho! Bisnis itu nggak seperti yang dibayangkan bisa freedom, bisa jalan-jalan uang ngalir, bisa autuo earning walau ditinggal tidur, its NO!

Kalo bisnisnya udah jalan baru semua itu terjadi. Kamu nggak salah kalo punya impian itu semua, apakah kamu sanggup membayarnya?

Dalam membangun bisnis ada banyak sekali yang harus dikorbankan, pertama waktu, pikiran, tenaga, uang mungkin, dan penunjang lain. Kita bahas waktu dulu;

Diawal-awal pasti kita ngalamin trial error karena minimnya pengetahuan dan pengalaman, kamu bakal ngalamin buang-buang waktu untuk hal yang kamu nggak tau ke depannya. Tapi jangan pernah berhenti saat baru mulai, berhentilah saat selesai. Saat kamu menyelesaikan apa yang udah kamu mulai hingga sampe ke titik yang kamu mau.

Contoh kecil aku pernah bisnis pulsa yang sekarang aku jual secara online dan pake nama pulsa paypal. Dari bisnis ini aku awalnya modal 200 ribu aku jual di tempat kerja, tapi siapa sangka dia bisa bantu danain buat beli motor seharga puluhan juta waktu itu?

Kalo aku ceritain dari awal bakalan panjang banget karena itu termasuk nya kisah sukses, atau kisah inspiratif, yang berawal 200 ribu jadi 20 jutaan.

Kita nggak bisa pukul rata, kalo kamu dah ngalamin sendiri nanti juga paham kok. Intinya mulai aja dulu jangan takut mencoba, karena kalo belum nyoba ya belum tau, udah nyoba terus gagal ya perbaiki, kenapa bisa gagal, kenapa orang lain nggak gagal?

Nah disini ada yang unik, waktu kamu coba nanya kenapa orang lain nggak gagal itu sebenernya kamu gak tau aja mereka gagal berapa kali. Ibarat seorang yang lagi selfie buat instagram. Dia shot berapa kali bahkan bisa sampe 10 kali shot foto, tapi apa yang diposting? Satu foto terbaik!

Sama aja ketika seseorang sukses maka yang terlihat adalah kesuksesannya, bukan perjuangannya, bukan caranya, bukan pengorbanannya, bukan berapa kali ia gagalnya, mereka nggak peduli itu.

Aku bikin judul dipostingan ini tentang bisnis enak dijalankan. Kenapa dan apa maksudnya? Simpelnya gini, sederhana itu adalah dari hal yang disekitar kita. Waktu itu aku liat kalo pulsa emang udah menjadi kebutuhan setiap orang, mungkin nggak semua, tapi setiap saat ada aja orang yang butuh. Karena manusia kan nggak selalu bisa berkomunikasi dengan baik, ada yang jauh, ada yang tiba-tiba, dan sebagainya.

Dan disaat itu mereka perlu nyamperin ke orang yang dia butuh, iya kalo deket! Kalo jauh? Hape jadi solusi utama. Disinilah peluang itu muncul.. Aku coba sediain apa yang sekitar aku butuhin. Waktu itu juga pernah denger pesan dari salah satu guru aku di bidang bisnis dan mindset bahwa kalo mau mulai itu yang pertama jangan untungnya, tapi bantu orang lain.

Pertama jualan emang nggak asik! Jujur aja pas pertama aku kayak nggak berani gitu, bahkan jualan aja sembunyi karena malu dan nggak pede gitu takut ada apa-apa sama produk yang aku jual. Terlebih aku belum menguasai produk yang aku pasarkan. Nah disini tantangan banget lho!

Pelanggan pertama aku layanin secara malu-malu dan pas gagal aku kirim ya panik. Nyuruh dia buat ke toko lain, aku bingung aja disitu karena belum tau seluk-beluknya. Tapi untungnya dia sabar dan mau nunggu, aku nyari-nyari informasi secara cepet aja. Akhirnya bisa..

Tapi setelah malu itu, lama-lama jadi seneng kalo ada yang beli, hahaha.. Ya bener banget kalo buat aku yang basicnya pemalu tuh pas usaha kita diketahui oleh orang lain untuk pertama kalinya muncul perasaan minder. Takut inilah takut itulah, semua menghantui pikiran.

Singkat cerita aku udah jalan dan sampe ada yang mau naro modal di aku buat bisnis pulsa. Aku yang atur semua mulai dari promosi, beli alat-alat yang menunjang, sampe ke pembagian hasil tanam modal.

Sampe saat ini udah lebih dari 20 kali pembagian keuntungan dari modal yang aku olah ini. Bisa dibilang udah balik modal dan melebihi, insyaalloh skala nya ditambah, bidang atau kategorinya juga ditambah.

Tadi diatas kita udah bahas soal tujuan dari bisnis. Mungkin kamu pengen iseng coba bisnis itu biar ada penghasilan tambahan, atau sekedar iseng, sekedar latihan. Tapi perlu kamu tau kalo hasil dari usaha yang kamu usahakan itu bergantung pada niatnya.

Aku pernah bisnis pulsa ini aku targetin buat dapet duit yang bisa ditabung tiap bulannya. Ditabung berapa dan untuk apa harus jelas. Mungkin kalo patok berapa itu agak kurang fair, karena kalo di bisnis itu nggak tentu, nggak bisa dipatok. Tapi kalo soal tujuan tetep harus ada!

Tujuan aku waktu itu biar bisa nabung buat tambah-tambah beli motor Aerox 155 vva. Karena aku fokuskan untuk nabung buat beli motor, atau buat nambahin beli motor, maka target atau tujuan bisnis itu harus bisa tercapai. Gimanapun alasannya.

Pernah loh waktu itu ada masalah, ya kalo masalah di bisnis itu sering ya.. Nah waktu itu aku kena tipu yang bener-bener nguras uang modal bisnis. Akibatnya aku jalan pelan karena nggak ada keseimbangan alias pincang. Orang tua aku nyaranin buat udahan aja kalo malah banyak ruginya, tapi aku tau ini pilihan aku dan ini yang harus diperjuangkan.

Kalo ada apa-apa jangan berhenti, tapi istirahatlah.. Berhenti hanya ketika kamu selesai aja, fix no debat! Maksud berhenti disini bukan berarti kalo kamu udah kebeli sesuatu dari bisnis terus kamu tutup bisnis kamu. Tapi ketika tujuan dari bisnis kamu belum tercapai, kamu nggak boleh ada niatan untuk menyudahi progesnya. Harus bener-bener sampe ke titik yang kamu impikan tadi.

Kalo dah sampe, silakan ... kamu bikin tujuan baru karena otomatis itu bisnis udah naik level dong ya! Kita siapkan target-target baru yang lebih dari target sebelumnya.

Keenakan ngomongin bisnis karena dasarnya aku suka sama hal yang berbau keuangan. Lain kali aku lanjut sharing soal ini dan jangan sungkan buat ngisi kolom komentar kalo emang ada yang perlu ditanyain. Atau bisa juga kirim pesan lewat halaman kontak yang udah aku sediain dibawah kalo ada perlu lain.

1 Response to "Untuk Anak Muda: Bisnislah Dari Yang Paling Sederhana dan Enak Dijalankan"