-->

Ini Dia Alasan Kenapa Kamu Harus Ambil Libur Dalam 7 Hari Kerja

 Pernah gak sih kamu ngerasa kesel, marah, muak gak jelas sama diri sendiri di tempat kerja? Misal mau gini kesel, gitu kesel, pokoknya apa yang kamu kerjain tuh kayak nggak tulus, malah banyak kontra nya sama apa yang hati kamu rasain. Ngalamin kan?

ambil jatah liburmu - masrahman.com

Nah kali ini aku mau sharing soal masalah mood di tempat kerja yang bisa aja tiba-tiba datang pas kita lagi ngerjain deadline. Coba bayangin kamu lagi capek, nahan laper, kerjaan nya gak kelar-kelar, eh malah disuruh ngerjain yang lain lagi. Satu aja belum beres, udah ganti yang lain. Apa yang kamu rasain? Terlepas apapun perasaan itu yang pasti nggak bisa diungkapin pake kata-kata biasa lah ya, haha..

Kalo kita balik ke judul artikel ini, kenapa kita perlu mengambil waktu libur minimal 1 hari dalam seminggu adalah untuk memulihkan mood kita yang selama 7 hari atau sepekan dikuras abis-abisan sama tuntutan pekerjaan. Walau bagaimana juga kamu perlu mencharge tubuh dan mood kamu biar hari-hari yang dijalanin penuh energi lagi.

Lakuin Hobi

Aku ngomong gini karena ngalamin sendiri, pas lagi bosen sama kerjaan, muak, rasanya pengen ngehirup udara seger aja. Kebetulan aku lagi suka motoran, jadi kalo emang lagi jelek banget mood nya aku bisa langsung tancap gas aja keluar nyari angin seger. Kadang aku sambil vlog di channel youtube rahman mv buat ekspresiin mood.

Nggak melulu harus motoran, lakuin aja sesuai hobi kamu. Misal suka masak, tinggal belanja ke pasar buat beli bahan masakan yang diperlukan. Tapi kalo kamu mau masak dengan tujuan buat merefresh tubuh atau mood kamu pastikan bikin makanan atau masakan yang unik dan berbeda dari biasa yang kamu makan. Kamu bisa bikin eksperimen asal yang masih bisa terjangkau sama organ pencernaan. Jangan sampe kamu masak masakan yang kamu gak suka, yang udah jelas nggak ada yang mau makan karena mungkin aneh. Buatlah berbeda, tapi tetap wajar. Mood akan meningkat drastis!

Selain masak, motoran, ternyata masih banyak hal lain yang mungkin bisa kamu lakuin buat balikin semangat kamu. Misalnya ngitung duit, kayak kalo kita punya tabungan atau celengan gitu kan bisa kita itung, kita mainin aja. Yang penting jangan diambilin,kalo ternyata tabungan kamu itu ditujukan buat beli 'masa depan'.

Intinya lakuin seseuai hobi yang kamu sukai, biar nggak ada beban waktu kita jalaninnya. Karena kalo kita gak sreg sama sesuatu ya bakal males-malesan ngejalaninnya. Misal orang suka mancing diajak marathon. Beuh!

Lembur di Hari Libur

Lalu gimana kalo waktu libur kita disuruh masuk sama atasan? Ini agak sulit sih kalo nggak bisa menej waktu nya. Anggap aja hari Minggu kita libur, terus kerjaan ada yang lagi dikejar deadline. Mau gak mau kita harus masuk donng buat ngerjain itu? Nah, disini kita harus bisa berfikir cerdas dan lakuin semuanya semaksimal mungkin.

Contoh kamu bisa bangun pagi banger jam 04:30 lalu lakuin kewajiban kayak sholat, olahraga, mandi, sarapan. Sebaiknya kamu kasih waktu dari masing-masing yang kamu kerjain itu. Misal waktu sholat sama olahraga sama mandi dibikin 1,5 jam. Lalu yang lain juga sama, atur aja waktunya.

Kalo kamu disiplin waktu kayak gini pasti bakal lebih terstruktur lagi. Kamu bisa lebih menghemat energi dan juga bisa mendapatkan jatah me time kamu. Dalam kata lain kamu bisa jalan-jalan merefresh otak dan tubuh. Asalkan di jam lembur tadi kamu produktif. Kalo biasanya 3 jam selesai kerjaan 1 tumpuk, cobalah berusaha buat bisa beresin 2 atau 3 tumpuk dalam jatah waktu yang sama.

Jangan sia-siain waktu yang kamu punya karena udah pasti kalo hal itu gak mungkin bisa terulang lagi. Kamu buang waktu 1 jam dibawa main-main kerja nya, gak bakal balik itu yang 1 jam terbuang. Pinter-pinterlah kita dalam menej waktu yang ada.

So, itu dia tips dari aku yang selalu merindukan hari kosong buat mee time walaupun sebentar. Kamu bisa komen kalo emang ada pendapat lain yang kamu punya. Monggo geser ke bawah di kolom komentar..

0 Response to "Ini Dia Alasan Kenapa Kamu Harus Ambil Libur Dalam 7 Hari Kerja"

Posting Komentar