-->

Untuk Keperluan Menabung, Lebih Baik Buka Rekening Dari Bank Apa?

 Pertanyaan ini sering terjadi bagi kamu yang baru pertama kali pake rekening bank. Entah itu baru dapet pekerjaan, mau buka rekening pertama kali, ataupun yang sengaja cari rekomendasi bank terbaik untuk menabung.

bagaimana pilih bank terbaik pemula?

Sejatinya milih bank untuk tujuan menabung itu opsional, dan nggak bisa disamakan antara orang ini dengan orang itu. Apalagi beda tempat tinggal atau domisili tentu dengan pertimbangan yang berbeda. Misalnya di tempat si A cuman ada bank tipe ini, sedangkan di tempat si B adanya bank itu.

Walaupun begitu, minman ada rekomendasi bank untuk menabung yang tentunya udah digunakan dan sedang digunakan bahkan hingga artikel ini dibuat. Jadi bisa untuk perbandingan buat kamu yang masih galau milih bank terbaik.

Point utamanya sih pastinya pilih yang paling deket sama rumah kali, ya. Mungkin deket itu relatif. Asalkan nggak sampe satu jam dari rumah ke kantor cabang (pake sepeda motor) itu udah bisa dikatakan deket. Kenapa pilih yang deket dulu?

Diawal-awal buka rekening pertama pastinya kita masih buta tentang perbankan. Entah itu gak tau syarat yang diperlukan ketika buka rekening, setoran awal, dan hal teknis lain. Ketika kamu pilih bank yang paling deket, maka akan memudahkan ketika nantinya harus bolak-balik ke rumah untuk ambil ini-itu.

Minman sendiri waktu buka rekening bank pertama pilihnya yang deket karena udah tentu deket aja dari rumah. Dan kalo ada syarat lain misalnya fotokopi KTP (walaupun e-KTP tapi butuh fotocopy nya) itu deket dan udah hapal harus kemana-kemana nya, atau lokasi nya dah tau lah.

Selain itu juga biar gampang aja  kalo ada apa-apa, termasuk setor uang tabungan nanti jika rekening udah jadi. Bayangkan kalo kantor cabang jauh dan kita udah terlanjut buka rekening di bank itu, wah repot bolak-baliknya ketika mau nabung.

Kita masuk ke materi bank pilihan yang udah minman pake bahkan hingga saat ini. Yang pertama udah tentu bank BRI. Bukan favorit, tapi ini adalah bank yang udah sampe ke pelosok negeri ada cabangnya. Dan udah tentu ini yang paling deket kalo kamu tinggal di pedesaan.

Nabung di BRI untuk pemula kita harus pilih yang biaya adminnya rendah. Disini bisa pilih rekening Simpedes atau TabunganKu dari bank BRI. Minman sendiri pake yang Simpedes dengan setoran awal 100 ribu dan saldo mengendap 25 ribuan, biaya bulanan sekitar 8 ribuan.

Cukup nyaman sih untuk pemula. Hanya saja tabungan Simpedes ini belum ada asuransi perlindungan jiwa nya dari BRI. Beda lagi kalo kita pilih yang Britama itu udah termasuk asuransi hingga 150 jutaan. Dan tentunya  biaya admin bulanan lebih tinggi dari Simpedes, tapi fitur lebih lengkap juga. Misalnya aja limit tarik tunai yang lebih besar, biasanya mengacu pada kartu debit yang dipilih juga.

Pada tabungan BRItama di bank BRI juga ada dua jenis, yaitu Britama Muda dan Britama biasa. Ada juga sih Britama Bisnis. Kalo Britama muda sering juga disebut Britama-X karena disasarkan untuk kalangan anak muda yang penuh ekspresi.

Jenis Tabungan Britama

Setelah kita mengetahui jenis-jenis tabungan britama tentu makin bingung lagi dengan minimal saldo BRI BritAma berapa? Berapa potongan BRI perbulan? dan juga mungkin pertanyaan Apakah BRI BritAma bisa buat belanja? Hm.. Jawaban ini cukup menarik.

Untuk Britama sendiri minimal saldo yang harus tersedia di kartu atm atau di tabungan atau dalam kata lain saldo mengendap adalah 50.000 rupiah. Tapi keren nya nabung di Britama ini kita udah tercover asuransi juga dengan tanggungan hingga 150 juta rupiah.

Sementara untuk biaya administrasi bulannnya atau potongan perbulan Bri Britama adalah sebagai berikut:
Biaya admin Bank BRI (saldo kurang dari Rp 10.000.000: Rp 11.000. Biaya administrasi Bank BRI (saldo lebih dari Rp 10.000.000: Rp 12.000. Biaya bulanan BRI (kartu classic): Rp 2.000. Biaya bulanan BRI (kartu gold): Rp 6.500.

Kalo ditanya apakah bisa dipake untuk belanja tentu bisa dong, tapi ini debit ya, bukan untuk cicilan. Kalo mau cicilan kartu Kredit BRI bisa mengajukan dan biaya nya mulai dari 0 rupiah pertahun. Syarat kartu kredit bri minimal gaji 3 jutaan doang loh..

 Oh iya, artikel ini nggak beraffiliasi dengan bank BRI atau bank manapun. Mimin sendiri, atau minman sendiri merekomendasikan bank ini karena ini adalah bank yang paling banyak cabang nya bahkan di pelosok. Kan kebanyakan dari kita yang baru mau pake bank itu orang desa. Walau gak semua, he.

Kalo mau bank swasta yang "katanya" pelayanan lebih baik dari bank BUMN nanti bakalan bahas di artikel selanjutnya. Pastikan kamu udah bookmark halaman ini dan juga website ini di penanda google chrome atau opera mini kamu, ya!

Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu yang lagi galau pengen cari bank terbaik untuk pemula sebagai tabungan pendidikan, tabungan jalan-jalan, tabungan haji, dan lain sebagainya. Jika ada pertanyaan lainnya silakan tinggalkan di kolom komentar, nanti minman jawab insyaalloh.

2 Responses to "Untuk Keperluan Menabung, Lebih Baik Buka Rekening Dari Bank Apa?"

  1. bank bumn seperti bri walaupun terkesan nyebelin tapi kenyataanya bank tersebut lebih banyak keberadaanya, kantor cabangnya sangat menjamur sekali hehe. seminggu yg lalu saya nyoba buka rekening Britama X yah walaupun prosesnya lama tapi lumayanlah dripada tidak ada rekening sama sekali, kebetulan didaerah saya yang deket cuma bank bri doang

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali, mau dijelek-jelekin gimana juga tetep berguna bank BRI itu karena emang Bank Rakyat Indonesia.. udah tentu menjadi bank yang paling banyak cabang dan tersedia di pelosok

      cocok untuk di lingkungan pedesaan dan ingin mencoba perbankan =) jangan lupa menabung

      Hapus

akuhapu