-->

Cara Mengisi Formulir Pembukaan Rekening Perorangan Bank BRI

 Saat kita mau melakukan pembukaan rekening baru di bank BRI, akan dikasih formulir sama petugas bank nya. Biasanya CS yang memberikan formulir pengisian data calon nasabah untuk diisi dengan data yang sejelas-jelasnya. Termasuk nama ibu kandung, pekerjaan, dan sumber penghasilan nanti.

Tapi selain lewat cabang bank terdekat, buka rekening juga bisa dilakukan lewat aplikasi di hape android maupun iphone. Caranya malah lebih simpel dan gampang banget dibanding kita mengisi formulir di bank offline. Cuman balik lagi ke masing-masing pengguna lebih nyaman cara yang mana.

Untuk formulir pembukaan rekening BRI kami kasih contohnya berikut ini. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan dan diisi dengan benar, tapi tentu nggak semua kotak wajib diisi.


Pada gambar diatas banyak sekali kotak atau kolom yang harus diisi. Dan mungkin membuat bingung sebagian calon nasabah bank BRI. Nggak semua kotak harus diisi, hanya isi bagian yang diwajibkan untuk calon nasabah aja.

Misal paling atas ada data CIF yang mana itu adalah kotak untuk nomor pengguna/CIF dari calon nasabah. Kotak itu hanya diisi oleh bank, bukan untuk diisi nasabah. Lalu dibawahnya ada kolom nama lengkap, silakan diisi dengan jelas sesuai nama di KTP. Kecuali kalo udah otomatis diinput sama petugas.

Selanjutnya ada data nasabah, kalo itu rekening pertama silakan centang kotak baru dan kalo udah punya rekening sebelumnya centang aja kotak pengkinian. Lalu kita ke bagian Jenis kelamin, warga negara, negara, tempat dan tanggal lahir.

Lalu ada kotak nama gadis ibu kandung isi aja nama orang tua, jangan asal karena ini berhubungan sama data kamu selanjutnya di kemudian hari. Untuk jenis identitasnya centang aja KTP atau sesuai Identitas yang dibawa. Misal bawa SIM atau KITAS.

Nomor identitas isi aja nomer KTP atau sesuai data yang dibawa tadi. Lengkap dengan tanggal terbit dan tanggal kadaluarsa. Pendidikan terakhir, agama, status perkawinan, dan kode pos sesuaikan aja dengan kode pos pada KTP atau identitas yang dibawa.

Yang terakhir dari gambar diatas ada kolom Domisili yang wajib diisi hanya kalo kamu beda tempat tinggal dengan KTP saat ini. Misal punya KTP daerah terus mau buka rekening di Jakarta maka perlu data Domisili.


Selanjutnya kita masuk ke bagian bawah ada kolom Data Pekerjaan pada formulir pembukaan rekening BRI Perorangan. Disini kita harus isi data yang sesuai dengan keadaan saat ini. Jenis pekerjaan silakan disesuaikan, misal PNS atau pegawai swasta, atau bahkan jasa profesional.

Misalkan kamu belum kerja maka nggak perlu diisi, cukup centang kotak lainnya dan isi keterangan Pelajar. Sisanya dikosongkan aja kalo data pekerjaan nggak diisi, kalo diisi silakan sesuaikan dengan alamat tempat kamu kerja.

Alamat surat menyuratnya sesuaikan aja dengan KTP atau alamat tempat kerja, atau bisa juga sesuai alamat domisili. Kalo diatas mengisi alamat tersebut.


Selanjutnya kita ke Data Keuangan untuk calon nasabah. Disini calon nasabah diwajibkan mengisi kolom ini sebagai identifikasi sumber keuangan ketika udah punya rekening di bank yang bersangkutan. Dalam hal ini bank BRI.

Meskipun data ini nggak perlu diisi terlalu jujur, tapi isilah dengan data yang masuk akal. Penghasilan sesuaikan aja rata-rata penghasilan kamu perbulan.Transaksi normal isi aja berapa sesuai keinginan. Kalo yang masuk akal untuk yang baru pertama buka rekening pasti pilih kotak yang nominal nya nggak gede, atau mungkin yang paling kecil.

Sumber penghasilan bisa diisi Gaji atau hasil usaha. Atau bisa juga lainnya, lalu isi keterangan beasiswa juga nggak papa. Selanjutnya isi data nomer rekening di bank BRI atau bank lain kalo punya. Kalo nggak punya rekening sebelumnya silakan abaikan aja, kosongkan nggak papa.

Kotak pengisian kartu kredit centang aja ada kalo punya, tidak ada kalo nggak punya. Biasanya orang-orang mengosongkan kotak ini.


Untuk produk rekening pastikan kamu udah menyiapkan rencana, mau buka rekening apa? Baik itu Simpedes, Britama, Tabungan Haji, Deposito, atau mungkin Giro. Untuk pemula biasanya pilih Simpedes karena setoran awal yang hanya seratus ribu rupiah dan biaya admin bulanan yang ringan.

Adapun rekening Britama sedikit lebih tinggi dari Simpedes. Dari segi biaya bulanan maupun dari segi manfaat yang didapat. Misalnya aja asuransi, biasanya Simpedes nggak ada asuransi. Selengkapnya bisa cek di BRI langsung atau konsultasikan dengan Costumer Services disana.

Tujuan pembukaan rekening isi aja menabung, atau silakan sesuaikan sendiri. Mata uang sebenernya nggak usah dicentang, kalo mau silakan centang aja Rupiah. Nomor rekening kosongkan aja karena belum ada.

Fasilitas yang diminta silakan pilih apa aja yang dibutuhkan. Biasanya hanya dua, yaitu kartu ATM pilih yang tipe mana, dan juga fitur mbanking yang mau dipake. Anggap aja kamu pake kartu atm Classic yang biaya bulanannya lebih murah dari Gold dan Platinum.

Rekening koran centang aja pada ambil sendiri. Sementara fitur mbankingnya silakan aktifkan mana yang mau dipake. Kalo suka pake hape silakan aktivasi internet banking nanti login di aplikasi. Bisa juga di mobile banking tinggal dipelajari aja.

Khusus pembukaan Deposito kalo nggak perlu silakan kosongkan aja. Karena tujuan tadi diawal kan mau buka rekening biasa, bukan untuk mau deposito. 


Terakhir kali silakan isi pernyataan dibawah ini, sangat simpel dan hanya perlu tanda tangan. Kalo tadi pengen aktivasi layanan mobile banking atau internet banking silakan centang kotak diatas. Lalu point nomer 6 pada gambar diatas silakan sesuaikan aja sama instruksi dari CS BRI.

Biasanya pada kotak tanda tangan dikasih materai, kamu tanyakan dulu aja ke petugas bank nya apakah kotak itu siap ditandatangani atau perlu hal lain. Setelah pengisian formulir BRI selesai silakan kasih kembali ke petugas atau Costumer Services untuk diproses.

Tunggu beberapa saat sampe rekening kamu siap digunakan. Nanti dikasih buku tabungan, kartu debit, dan kalo kamu aktivasi mbanking maka udah bisa digunakan juga asal udah mendaftarkan nomer hape untuk transaksi finansial.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kamu yang lagi pengen buka rekening di bank BRI dan masih bingung bagaimana cara mengisi formulir pembukaan rekening perorangan bank BRI ini. Pastikan keluarga dan teman kamu tau informasi ini, share yuk ke mereka!

file copy formulir by Wawan Gunawan via scribd via domain publik. Google.com

1 Response to "Cara Mengisi Formulir Pembukaan Rekening Perorangan Bank BRI"

  1. kata kunci ini:
    formulir rekening bri
    formulir pembukaan rekening bri
    cara mengisi formulir pembukaan rekening perorangan bank bri
    formulir pembukaan rekening bri pdf
    cara mengisi formulir bank bri
    formulir bank bri
    cara mengisi formulir bri
    cara mengisi formulir menabung di bank bri
    cara mengisi formulir pembukaan rekening perorangan
    contoh pengisian formulir pembukaan rekening bri

    BalasHapus