-->

Pengalaman Anosmia dan Cara Mengatasi Hidung Tidak Bisa Mencium Bau

 Pasti lagi gak bisa cium bau, ya? Bau parfum, makanan, dan juga nggak bisa rasain sesuatu? Sedikit cerita yang harus kamu simak. Beberapa waktu lalu saya sendiri mengalami anosmia, atau kalo dalam bahasa kita tuh hilangnya penciuman pada hidung. Jadi hidung kita tuh nggak bisa ngerasain aroma apa-apa lagi.

Cara Mengatasi Hidung Tidak Bisa Mencium Bau by: pexels.com

Karena penciuman itu berkaitan sama perasa, atau ketika lidah kita merasakan sesuatu akan terasa sempurna saat lidah dan hidung bekerjasama. Misalnya aja kamu minum kopi rasa moca, udah pasti aromanya masuk ke hidung, terus rasanya disruput. Disitulah kita bisa merasakan sesuatu yang seimbang.

Tapi apa jadinya kalo penciuman kita hilang, ditambah perasa juga hilang?

Nggak perlu diperjelas, karena kita tau apa yang kita rasakan saat ini. Kalo pengalaman saya pas kemaren ngerasain gejala itu waktunya nggak lama. Hanya dalam hitungan hari, atau minggu aja. Intinya jangan terlalu banyak khawatir, kalo kamu lagi kecapekan banyak aktifitas baiknya istirahat dulu. Harus istirahat total, ya!

Yang bikin panik mungkin karena sekarang ini lagi musim penyakit covid 19, dan hilangnya penciuman terindikasi kita kena covid. Ini hanya termasuk pada gejala, jangan terlalu dikhawatirkan. Kita harus tenang aja biar tubuh kita kuat.

Lalu apa saja hal yang bisa membantu menyembuhkan anosmia ini?

  1. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah jaga kebersihan. Kenapa ini utama? Kita tau kalo virus yang lagi booming ini menularnya gampang banget, bahkan bisa melalui benda-benda yang kita sentuh sehari-hari. Misal gagang pintu di minimarket, bisa aja pintu itu udah dipegang sama orang yang kena gejala duluan, lalu dia tak sengaja menularkan lewat media gagang pintu tersebut.
  2. Setelah kebersihan, maka kita harus terapkan makanan sehat yang kita makan. Jangan sampe udah kerasa sakit gini malah depresi, makan makanan yang gak guna kayak misal alkohol, mabok, goreng-goreng yang berlebihan, dan junk food lainnya.
  3. Ketiga, kamu harus tenang dan berpikiran positif. Yakin aja kalo ini tuh penyakit yang umum. Ya, dikarenakan udah banyak yang mengalami hidung tersumbat ini, maka udah bisa dikatakan umum. Dan banyak dari mereka yang berhasil sembuh dalam waktu beberapa hari atau minggu.
  4. Setelah berhasil membuat diri kamu tenang dan positif, kamu juga harus banyakin istirahat. Istirahat yang dimaksud disini adalah istirahat yang bener-bener plong. Artinya tanpa beban yang sangat berat dalam pikiran. Kecuali berat banget, kita kesampingkan dulu mungkin bisa.
  5. Yang saya lakuin waktu kena anosmia atau hilangnya indra penciuman dan perasa adalah mengambil libur dari tempat kerja. Kita tau kalo selain tanggungjawab pekerjaan yang lumayan menguras tenaga, kita juga mungkin sering kesel sama temen-temen kantor yang anggap aja nyebelin, atau bikin beban pikiran bertambah. Nah, itu yang harus kita hindari dulu.

Dari kesimpulan diatas bisa kita dapat bahwa untuk membantu mengatasi penyakit anosmia atau hidung tersumbat nggak bisa mencium bau adalah beristirahat yang banyak, bukan cukup loh ya.. Istirahat yang banyak, pemikiran yang positif (yakin akan sembuh dan yakin kalo itu gejala umum aja), pola makan harus sehat, olahraga juga, kena sinar matahari, dan jangan lupa minum obat.

Kalo nggak sanggup periksa ke dokter silakan dirawat sendiri dulu aja, dan kalo kondisi nggak membaik selama lebih dari 3 minggu sebaiknya ke dokter. Kalo saya kemaren main santai aja, hehe.

0 Response to "Pengalaman Anosmia dan Cara Mengatasi Hidung Tidak Bisa Mencium Bau"

Posting Komentar