-->

Villa Khayangan, Pengalaman Menyenangkan Saat Liburan di Bogor

 Kalo hari Minggu seringnya aku pergi ke Bogor buat nyari suasana baru yang lebih seger dari Jakarta. Cileungsi adalah tempat yang aku tuju pertama kali, karena nyamperin seseorang dulu disana. Puji Astuti, yang jarang diajak jalan-jalan tapi sekalinya pergi lumayan jauh. hehe..


Villa Khayangan di Masa Pandemi
Villa Khayangan

Sekitar bulan Oktober 2020 lalu aku sama dia niatnya liburan ke Villa Khayangan yang alamatnya di Kawasan Sukamakmur, atau lebih tepatnya di Jl. Puncak Dua, Wargajaya, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat 16830. 

Jalan Menuju Villa Khayangan

Jadi kita tuh ambil rute nya dari Cileungsi - Jonggol - ke arah Sukamakmur, terus ikutin jalan itu deh pake motor boncengan berdua. Perjalanannya lumayan melelahkan, ditempuh dalam waktu 2 jam perjalanan (kurang lebih) dan ngelewatin jalan yang agak renyah gitu karena nggak semua rata dan mulus.

Kalo kamu ada rencana pake motor kesini baiknya siapin dulu kondisi kendaraannya, karena kita bakalan masuk track yang naik-turun gitu, dan tanjakannya lumayan juga. Kemaren aja ada yang boncengan pake motor matic gitu nggak bisa nanjak, dan kasiannya dia malah balik lagi. Boncengin anak istri (dugaanku).

Untuk bensin buat para pemotor kita bisa beli di pinggir jalan karena ada cukup banyak penjual bensin eceran disini. Tapi kalo cari aman mah jangan sampe nunggu abis banget, begitu tinggal setengah dari indikator full-tank sebaiknya diisi aja. Kita nggak tau didepan tukang bensinnya buka atau nggak.

Abis ngelewatin jalanan yang aduhai, ada juga beceknya; terus di kawasan sana nya ternyata banyak juga tempat wisata lain, yang udah jadi sama yang lagi dibangun. Salah satunya aku ngelewatin tempat wisata yang buat Camping gitu tapi nggak tau namanya apaan. Posisinya diatas, karena dasarnya pegunungan, cuman kita lewatnya diatas mereka juga. Hayoloh gimana? Jadi jalannya tuh gini:


jalan menuju Villa Khayangan lewat Jonggol - youtube: rahman mv

Pas udah mau nyampe kita bakal liat pemandangan yang menurutku keren sih, hampir semua wahana yang ada keliatan dari atas, walaupun banyak dinding penutup gitu. Oh iya, dijalan tadi kalo pas aku lewat kan lagi becek gitu ya, musim ujan, ada anak kecil yang kayak benerin jalan gitu terus minta sumbangan. Ya siapin lah seribu dua ribu buat orang-orang ini, biasa.

Harga Tiket Masuk Villa Khayangan

Selanjutnya di pintu masuk kita perlu beli tiket dulu biar bisa segera masuk ke dalem. Untuk harga nya sendiri waktu itu aku bayar 80 ribu kalo nggak salah, tapi sebelumnya kata temen-temen di grup Wisata Bogor cuman 25 atau 35 ribu. Pokoknya ada selisih dari yang mereka bilang lah. Mungkin karena pandemi juga kali, atau biar cepet aja nggak usah kembalian.

Harga tiket udah all in, yaitu buat masuk sama buat parkir. Kalo mau coba wahana di dalem bayar lagi, tapi ada juga yang gratis kayak renang, foto-foto di spot gratis. Pemandangannya lumayan keren, banyak wahana juga, dan yang penting ada penginapan, walaupun aku nggak pernah nginep karena belum nikah :v yahaha..

Untuk paket keluarga juga ada kalo mau booking villa. Mau yang dilengkapi karaoke juga ada disana, kalo dulu pas baru dibuka juga abis lockdown covid-19 gitu.

Harga Penginapan di Villa Khayangan

Nah, kalo ngomongin penginapan atau kamar yang ada disini, kita bisa sewa kamar doang ataupun yang berbentuk villa. Nggak tau beda nya? Simpelnya gini, kalo kamar doang itu kita cuman dapet kamar sama isinya kayak bantal kasur gitu intinya tempat tidur sama mandi, kalo villa itu selain bisa buat orang banyak biasanya lebih bagus lagi fasilitasnya.

Harga kamar permalam mulai dari 300 ribuan, untuk villa mulai 1 jutaan aja. Dan ada juga yang karaoke keluarga bisa dibooking dengan harga 1 juta 2 ratus ribuan aja. Semua dalam bentuk rupiah, ya! Eh iya, walaupun disini kawasan pegunungan dan bisa dibilang hutan gitu tapi udah ada listrik.

Fasilitas Untuk Pengunjung Villa Khayangan

Kalo ngomongin fasilitas sih udah jelas lah ya, semua tempat wisata itu pasti dibikin bagus, indah, dan cantik gitu biar pengunjung bisa mengabadikan moment mereka disana. Di Villa Khayangan sendiri banyak banget spot foto nya, kayak bingkai raksasa, perahu, sepeda dijalan raya, sepeda terbang, becak terbang, kolam, taman, dan masih banyak lagi yang bisa dijadikan background buat cekrek-cekrek.

Dan bisa juga untuk preweeding, pas aku kesana ada yang lagi foto-foto profesional gitu, kayak sewa orang foto or anything lah.. Emang tempatnya bagus sih, gak salah. Dan disana ada juga studio foto yang aku nggak coba, karena kebetulan bawa kamera sendiri. Bawa kamera nggak dikenakan biaya, beda sama di Kebon Begonia Lembang yang tertulis jelas 'bawa kamera bayar 50 ribu' di Bandung.

Kesimpulannya untuk tempat wisata yang satu ini sih.. Cukup worth it, dengan jarak atau medan yang ditempuh, yang begitu banyak perjuangan yang dibutuhkan, terus keberanian, waktu tempuh, harga tiket masuk, fasilitas, ya bisa dibilang Rekomended!

Terutama kalo kita bisa maksimalkan apa yang ada disana, kemaren kan aku nggak renang, jadi nggak bisa merasakan air sejuk disana. Bisa dibayangkan giman dinginnya air di kawasan Sukamakmur? Beuh... Pas aku cuci tangan di pintu masuk aja kerasa banget dinginnya. Oh iya, ada toilet sama Mushola juga untu pengunjung. Beda yah untuk pengunjung sama untuk orang yang nginep.

Jadi kapan nih mau ke Villa Khayangan? Mumpung udah buka.. 

0 Response to "Villa Khayangan, Pengalaman Menyenangkan Saat Liburan di Bogor"

Posting Komentar