-->

Cara Membuat Aki Motor dari Baterai Powerbank

 Tutorial ini mungkin agak sedikit nyeleneh dan cukup relevan buat kaum low budget. Walaupun urusan low budget itu hal kedua, karena berpengaruh dari bahan yang akan kamu pake. Kalo pake bahan mahal ya aki sultan juga namanya, bukan hemat malah nombok buat beli bahan.


Tapi kalo kamu niat pengen membuat aki motor sendiri dari bahan baterai bekas, baik itu batre bekas laptop maupun bekas powerbank, silakan simak tutorial ini sampe abis. Asalkan alat dan bahan udah siap maka kamu bisa langsung membuatnya.

Hal pertama yang harus disiapkan adalah ilmu pengetahuan yang akan segera kamu dapatkan setelah membaca artikel ini. Lalu siapkan juga beberapa barang dibawah ini biar proses pembuatan aki motor sendiri dengan barang bekas bisa segera terlaksana.

  1. Batre bekas.
  2. Kabel kualitas baik
  3. BMS
  4. Casing
Bila keempat hal diatas udah siap silakan menuju tata cara pembuatannya. Jangan lupa siapkan alat yang berguna selain 4 bahan diatas. Misalnya gunting, solder, selotip, dan alat pendukung lain untuk pengerjaan lebih mudah.

Pertama kamu perlu siapkan batre yang ukurannya ketika penuh 4.2 volt. Siapkan paling tidak 3 biji untuk kapasitas 5.000 mAh ataupun 10.000 mAh (biasanya batre bekas powerbank ada). Kalo kapasitasnya kecil silakan siapkan yang banyak biar nanti dapat amper yang cukup.

Perlu diketahui juga kalo kamu menyiapkan batre dengan kapasitas 10.000 mAh sebanyak 3 buah dengan voltase 4.2 ketika penuh, dan 3.7 ketika belum dicas maka hasil aki nya jadi aki motor 10 amper.

Angka tersebut didapatkan dari 3 buah batre kapasitas 10.000 mAh disusun seri jadi kapasitas tetap 10.000 mAh. Tapi voltase naik jadi (4.2 x 3 = 12.6) ketika dicas penuh. Dan itu cukup buat ngangkat stater motor.

Kalo mau pake batre bekas laptop yang ukuran umumnya 16850 maka siapkan beberapa biji biar kapasitas cukup. Untuk motor matic lawas siapkan aja 5 amper. Cara rangkai batre bekas laptop untuk membuat aki motor adalah:

  • Susun pararel dulu sampe minimal 5.000 mAh, siapkan sebanyak 3 buah susunan pararel. Jika 1 batre kapasitasnya 1.000 mAh maka untuk mencapai 5.000 mAh kamu perlu 5 batre. Kita tau kalo batre dipararel maka tegangan tetap jadi 4.2 volt ketika dicas penuh. Maka dari itu siapkan 3 x 5.000 mAh buat nanti disusun seri.
  • Kalo udah kamu bisa mulai menyusun menggunakan BMS. Sama aja dengan batre bekas powerbank tadi. Kamu harus menyusun seri biar mendapatkan 4.2 volt x 3 = 12.6 volt.
Untuk lebih jelasnya kamu bisa liat video dibawah ini yang akan membantu pemahaman ini:



0 Response to "Cara Membuat Aki Motor dari Baterai Powerbank"

Posting Komentar

akuhapu