Jangan BERHENTI

Jangan pernah bertanya ini blog apaan, aku nulis berdasarkan apa yang pernah aku alamin, yang lagi aku alamin, dan mungkin yang akan aku alamin suatu hari nanti. Misalnya aja tulisan yang lagi kamu baca sekarang. Aku gak tau blog ini kedepannya mau jadi seperti apa, mau terkenal dan menjadi besar, atau justru akan layu dan perlahan pudar.

semangat pagi perjuangan motivasi
jangan berhenti saat kamu lelah, berhentilah saat kamu selesai


Satu hal yang aku tau bahwa kenyataannya orang-orang yang berhasil diluar sana, nggak ada satupun yang tanpa melewati rintangan, gak ada satupun yang semua rencana nya berjalan mulus, dan nggak ada satupun yang gak pake perjuangan.

Ketika aku sadar tentang peribahasa Banyak Jalan Menuju Roma, aku pun teringat kalo Kota Roma Nggak Dibangun Dalam Waktu Satu Malam. Kalimat itu begitu banyak mengandung makna tersembunyi. Bukan sembunyi sih, tapi perlu pemikiran terbuka agar bisa memahami dengan baik.

Misal nya saja peribahasa pertama tadi, Banyak Jalan Menuju Roma, ya.. emang secara logika kalo kita mau pergi kemana pun juga gak hanya bisa ditempuh pake satu jalan, walaupun mungkin ada tempat yang hanya bisa dilalui satu jalur. Tapi sebelum masuk ke jalur tunggal itu kita lewat jalan yang berbeda. Contoh rumah kamu yang di Bandung mau ke Tasik, anggap aja jalan nya cuma satu. Terus ada rumah dia yang dari Cirebon mau ke Tasik, walaupun kota yang dituju itu sama, tapi tetap aja jalan nya beda.

Semoga sampai disini paham, kalo tujuan itu bisa dicapai oleh semua orang, meskipun tujuannya satu. Tapi jalan nya tergantung tempat asal dimana kamu berada. Bahkan dalam agama juga sama aja, secara garis besar semua agama mengajarkan kebaikan. Gak ada yang menyuruh bikin kerusakan, gak perlu berpikir. Tau surga dan neraka, kan? Tujuan semua insan manusia yang beragama adalah mati atau kembali ke surga-Nya.

Dan untuk peribahasa yang kedua ini malah makin luas lagi pembahasannya. Tapi mungkin aku mau coba meringkasnya biar gak bosen baca nya. Jadi gini deh, kalo kamu atau khususnya kamu yang saat ini lagi berjuang akan mimpi besar kamu. Jangan Pernah Berhenti untuk terus melakukannya. Percayalah saat ini kamu sedang membangun Kota Roma itu. Kalo seandainya kamu berhenti sampai di titik ini, maka proyek itu belum terselesaikan.

Dan itu gak boleh, kamu harus menyelesaikan apa yang udah kamu mulai. Bukan malah menyerah lalu berhenti, gak ada alasan untuk kamu menyerah, untuk kamu berhenti berjuang. Jika kamu mau dan ingin, kamu akan menemukan banyak cara untuk mengatasi masalah yang mungkin sedang kamu hadapi. Tapi kalo kamu pengen gagal sebelum selesai, kamu banyak alasan untuk tidak meneruskan atau memperjuangkan impian kamu.

Aku pernah..
Pernah punya keinginan di tahun 2018 lalu. Dan aku coba untuk berjuang, memperjuangkan, aku berkorban sampe bener-bener pengorbanan. Kalo kamu mau nyimak silakan, aku ceritain disini.

Waktu itu aku pengen banget beli motor impian, ya entah kenapa aku pengen banget motor itu. Sampe-sampe aku sering membayangkan motor itu, membayangkan saat aku memilikinya, mau dipake kemana, sama siapa, kapan, pokoknya aneh aja kalo sekarang diingat mah.

Tapi namanya juga mimpi, impian, ya kita pasti hepi aja gitu waktu ngebayanginnya. Berhayal sambil berjuang itu gak salah yah. Aku aja demi motor itu bela-belain nabung dengan disiplin pake tabungan masa depan gitu biar bisa konsisten setiap bulannya. Aku punya target 2 tahun untuk bisa mengumpulkan sesuai budget yang dibutuhkan untuk barang impian aku.

Aku kerja, tiap minggu aku selalu menyimpan seperempat setoran tabungan perbulan. Waktu itu kan gajian 1 minggu sekali, aku nabung 1 bulan sekali. Jadi aku sisihin tiap minggu nya seperempat target nabung perbulan. Pusing ya? Orang yang ingin berhasil harus berani pusing, bahkan wajib pusing! Karena itu berhubungan sama kekuatan mental kamu.

Kalo kamu nanya "Kenapa kamu sampai saat ini belum tercapai keinginannya?"
Jawabannya : Karena Kamu Belum Siap

Coba renungkan deh, contoh pertama nih.. Anggap aja kamu pengen kaya, tapi kamu aja gak tau kaya yang kamu maksud itu seperti apa? Apakah saat kamu punya satu milyar kamu bisa dibilang kaya? apakah seratus milyar adalah impian 'kamu kaya' hm? Kalo kamu nggak tau harus jawab apa, artinya kamu belum siap. Dan impian kamu pun belum bisa kamu dapatkan saat ini.

Sekarang gini, misalkan kamu udah paham impian kamu yang dimaksud kaya itu seperti apa. Lalu kamu minta terwujud dalam waktu cepat, bahkan nyaris tanpa ada pengorbanan, tanpa ada perjuangan, tanpa ada proses. Tadi diatas disinggung kalo proses itu bertujuan juga untuk mengasah mental agar kamu siap.

Bayangkan kamu kaya secara tiba-tiba dan punya uang banyak, tanpa proses bertahap, tanpa perjuangan. Kamu justru akan bingung sendiri. Lah wong biasa pegang duit 500 ribu, ini tiba-tiba dikasih duit 1 milyar. Kamu juga gak akan tau duit itu mau buat apa, mau dipake usaha apa, mau digimanakan. Yang ada kamu akan 'seneng dan terlena' duluan. Dan larinya ke hal-hal yang konsumtif. Belanja, bagi-bagi duit ke temen, sodara, pengamen, pengemis, kang parkir. Dengan nominal yang nggak biasa, karena saking kagetnya kamu pegang duit banyak.

Nggak salah memang, tapi coba bayangkan kamu pegang duit yang secara tiba-tiba itu disaat kamu belum siap. Misalnya kamu udah berkeinginan bener nih, duit itu mau kamu pake buat modal usaha. Kamu beli gerobak, kamu jualan, kamu buka usaha bakso. Hm.. selow bung! Usaha jualan bakso itu gak salah, yang salah itu kamu. Gak tau proses pembuatan bakso udah berani buka usaha jualan bakso. Haduh.. Lanjutin jangan? kebayang gak kalo kamu gak tau apa-apa, gak tau ilmunya, gak tau prosesnya, lalu asal-asalan aja gitu buka usaha jualan sesuatu yang kamu sendiri belum pernah masuk kedalamnya. Bingung anjir!!

Nah makanya proses itu sangat sangat sangat penting.. Salah satu tujuannya adalah untuk menyiapkan mental kamu. Sekarang bayangkan sama kamu yang mau berproses, yang udah lama berjuang, bahkan sampai bertahun-tahun tapi belum juga tercapai. Tidak lain adalah agar supaya kamu matang. Dan ketika kamu siap, kamu udah terbiasa sama proses itu, perlahan ada kemajuan, ada peningkatan, sampe akhirnya kamu bener-bener mampu mencapai titik impian kamu.

Kamu tau apa langkah selanjutnya. Kamu gak akan kebingungan saat 'waktu itu' datang menghampiri kamu. Kamu udah siap :)

1 Response to "Jangan BERHENTI"

  1. Yaampunnnn... Sedih aku bacanya 😓😫😭😫😭😣😥😣😭😫😓

    ReplyDelete