-->

Cara Mudah Membuat Cilok Kuah Ceker Paling Nikmat Sedunia

Siapa sih yang tak kenal dan tak suka sama makanan yang satu ini. Dengan rasanya yang enak dan lezat semua pada suka. Dari anak kecil sampe tua pun makanan ini sering jadi favorit. Makanan ini bisa disantap di waktu apa saja. Mau siang, sore, atau malam sekalipun tetap enak.

cilok kuah
Cilok Kuah Enak Mantap


Kali ini saya akan berbagi tips cara membuat cilok kuah. Kira-kara temen-temen penasaran gak ya? Untuk temen-temen yang ingin membuatnya di rumah, caranya pun mudah loh. Pertama-mana kita siapkan bahannya dulu ya:

  1. tepung terigu
  2. Tepung tapioka
  3. telur puyuh (untuk isian),
  4. telur negri/kampung,
  5. daun bawang, 
  6. bawang putih, 
  7. bawang merah, 
  8. garam, 
  9. penyedap rasa.

Cara dan bahan untuk bikin kuahnya:

Tambahkan air secukupnya, garam, penyedap rasa, lalu haluskan bawang putih, dan bawang merah,  tambahkan daun bawang, seledri, dan daun salam, supaya tambah wangi dan biar rasaya tambah mantul bisa tambahkan ceker atau sayap ayam, tapi buat yang gak suka gak pake juga gak apa-apa. Untuk  bahan tambahan bisa di tambah dengan kerupuk, dan mentimun.


Oke kita langsung saja ke cara pembuatannya ya.

  • Siapkan ¼ tepung terigu dan ¼ tepung tapioka. Lalu masukkan ke dalam wadah, lalu uleni atau aduk dengan air anget supaya bahannya gak keras kalau sudah jadi. Disini kita tambahkan 1 butir kuning telurnya. Jangan lupa juga kasih bawang putih yang sudah di haluskan dengan garam, kasih penyedap rasa, dan jangan lupa di tasty ya rasanya supaya tau kurang asin atau terlalu asin. Selanjutnya uleni hingga semua bahan tercampur. Setelah semuanya tercampur dan adonan sudah kalis. Lalu kita bikin bulat-bulat ya adonannya, biar buat mirip bola-bola.. hee
  • Buat temen-temen yang ingin kasih isian di dalam cilok pun gak apa-apa ya. Cilok nya tetap enak. Kasih isiannya sesuai selera. Disini saya menggunakan isiannya dengan telur puyuh. Atau temen-temen yang suka keju bisa di tambahkan juga buat isiannya. Atau yang suka dengan suiran ayam pun bisa.
  • Setelah selesai ngebulet-buletin ciloknya jangan lupa bikin kuahnya ya. Ini sangat mudah sekali. Siapkan panci buat mendidihkan air, lalu masukkan bumbu yang sudah tadi disiapkan. Tunggu hingga airnya mendidih. Masukkan ciloknya, rebus hingga matang kurang lebih 30 menit. Setelah matang temen-temen bisa mengkukus ciloknya biar tetap hangat.
  • Cilok kuahnya sudah jadi. Tinggal masukkan ke dalam mangkuk lalu kasih irisan tipis mentimun dan kerupuk buat topingnya, kasih juga seledri dan bawang gorengnya. Buat temen-temen yang suka pedes bisa di tambahkan saus atau boncabe.
cilok kuah buatan sendiri
Cilok Kuah Ceker isi Telor Puyuh

 Selamat mencoba. Nantikan resep-resep selanjutnya!

0 Response to "Cara Mudah Membuat Cilok Kuah Ceker Paling Nikmat Sedunia"

Post a comment