-->

Cara Mengatasi Handle Rem Nyetrum Pada Motor Matic

Beberapa waktu lalu aku kaget pas mau ngerem, eh! Kok gabisa,. malah nyetrum gitu kan. Auto aku lepasin lagi remnya dan tarik gas karena ngindarin truk gitu. Nah pas abis jalan lagi kok setrum nya masih ada?! Atuh bingung pan..



Awalnya aku gak ngeh kalo itu setrum, aku jalan lagi aja tuh pas abis ketemuan sama truk. Pas dirasa-rasa kok sering. Terus pas di pake sama orang lain juga dia bilang kok kayak kesetrum gitu jari nya.. Pas udah santai di rumah aku cari-cari tuh artikel sama video di youtube soal kenapa handle rem bisa nyetrum gitu kan.

Ternyata penyebab handle rem motor nyetrum itu karena nggak ada kabel masa nya, atau kabel grounding gitu. Jadi dia korsleting gitu akibatnya kita kena cipratan nya pas ngerem. Biasanya rem depan kalo ditarik nyetrum tuh.

Terus aku cari aja kan dimana kabel masa nya. Oh iya, kabel masa itu kabel yang warna nya item dan nyambung nya ke body motor, atau ke baud mesin. Pokoknya dia yang gak ada listriknya gitu. Mereun itu juga, setau saya sih gitu.

Kebetulan motor aku matic 155 cc gitu namanya Mieuke dari jenis Medium-Maxi ras nya Aerox. Entahlah, tapi istilah tadi aku sendiri yang bikin dengan spontan saat artikel ini ditulis pake tulisan tangan 9 jari. Mungkin lebih tepatnya diketik ya..

Abis aku benerin, copot lagi baud nya. Hasilnya kesetrum lagi anjay.. Mana kejadiannya pas lagi ngebut lalu ngerem lagi, kan kaget ya-kan.. Dah lah, aku ganti baud nya pake baud mounting kamera aksi (action cam). Soalnya baud motor nya ilang gak tau dimana, kalo tau pasti udah aku ambil.

Sampe sini permasalahan aman. Tapi karena aku terlalu kenceng ngebaudnya, jadi malah kayak mau dol gitu. Hha.. Dah lah yang penting masalah bisa teratasi dan gak nyetrum lagi handle rem si Mieuke. Intinya kita tau penyebab nya dulu aja itu udah aman, ya gak? Iya dong. karena situasi nya lagi di perjalanan.

0 Response to "Cara Mengatasi Handle Rem Nyetrum Pada Motor Matic"

Post a comment