Cara Membuat Seblak Kering

Inovasi dari seblak kering. Temen-temen yang ingin membuat cemilan yang enak, gurih, dan renyah. Alhasil saya belajar membuat seblak kering yang bahan-bahannya sangat mudah di dapat dan cara memasaknya pun begitu mudah. Awal mulanya saya gagal dalam membuat seblak kering. Begitu di masak malah jadi mekar semua :D gara-gara memakai minyak yang masih dingin.


cara membuat seblak agar tidak mengembang
seblak kering by Teh Uji - via kost.an


 Saya kira bila tidak mendidihkan minyak bisa bantat. Tapi di luar dugaan, hasilnya malah mekar semua :D

Saya tidak putus semangat untuk bisa mencobanya kembali. Hingga bisa sampai saat ini. Mengenai rasanya pun tidak kalah dengan seblak kuah. Kita langsung saja membahas cara memasak seblak kering.

Bahan utamanya yaitu:

  • kerupuk udang
  • minyak
  • bawang putih 
  • kencur
  • aida/boncabe 
  • penyedap rasa (atom/masako/royco)


  1. Langkah awal kita siapkan wajan yang berisi minyak lalu masukkan kerupuknya. Nyalakan kompor dengan api kecil, masak hingga minyak yang di wajanna mendidih. Kurang lebih 30 menit memasaknya. Jangan lupa juga ya di aduk biar kerupuknya matang merata. Disini lah awal menjadikan kerupuk ini bantat biar jadi seblak kering yang enak dan renyah.
  2. Sambil menunggu kerupuk matang kita siapkan bahan yang lainya dulu, ya! Seperti memotong bawang putih dan kencurnya. Setelah kerupuk selesai di masak sampai 30 menit. Habis itu berilah api yang agak besar. Masak hingga kerupuknya naik keatas permukaan. Ulangi hingga semua kerupuknya matang merata. Bila semua kerupuk sudah di masak, jangan lupa bawang putih dan kencurnya di masak biasa hingga matang.
  3. Masukan kerupuk yang sudah di masak ke dalam wadah, lalu berilah bumbu penyedap dan aida/boncabe. Haluskan bawang putih dan kencur yang sudah dimasak. Lalu taburkan ke kerupuknya aduk hingga semua bumbu tercampur semua. Untuk takaran bumbunya temen-temen bisa mengira-ngira.


Proses selesai saatnya seeblak kering di santap. Bisa juga di tambahkan untuk lauk makan. Demikian resep dari saya berdasarkan pengalaman pribadi. Nantikan resep selanjutnya dan, Selamat mencoba!

0 Response to "Cara Membuat Seblak Kering"

Post a comment