Ngambil STNK di Kejaksaan Negeri Jl. Jakarta No.42 Bandung

Kenangan terindah di Kejaksaan Negeri Jl. Jakarta No.42 Bandung - Hari Rabu 18 September 2019 lalu aku balik mudik dari Jakarta menuju ke Ciamis yang lebih tepatnya udah masuk kabupaten Pangandaran. Berangkat lewat Bogor sekitar jam 6 pagi dan sampai di Bandung sekitar jam 9 kurang 15 menitan..






Ngelewatin beberapa razia polisi yang kalo di Bandung mah udah terkenal sama "sering" nya operasi polisi kayak gitu. Tepat di bunderan yang baru masuk kota Bandung aku di ajak minggir sama salah satu petugas yang berjaga disana.

"dek, sini dek.." kata petugas
aku nurut sambil ke pinggir..

"dari mana mau kemana?" tanya petugas
"dari Jakarta mau ke Ciamis, Pak!" aku bilang

"ini nggak boleh pake hape sambil bawa kendaraan, kecuali Grab" jelas petugas sambil meminta surat-surat kendaraan
aku jawab "ini kan cuma gps, Pak"

terus petugas bilang "iya.. kalo mau pake gps begitu harusnya ke pinggir dulu, berhenti dulu" tegasnya

Abis itu aku dibikinin surat tilang berwarna merah. Aku gak banyak debat atau pun komen, karena sebenernya udah kesel duluan. Itu juga sebelum berangkat udah ngebayangin dulu betapa ribetnya berurusan sama Polisi di Bandung (yang terkenal banyak razia).

Belajar dari pengalaman sebelumnya pas dari rumah mau ke Bogor. Waktu itu aku gak bawa STNK dan hanya pake surat keterangan kehilangan dari kepolisian. Diberhentiin seperti biasa petugas nya pilih-pilih, gak semua disuruh berhenti.




Ngobrol lumayan lama dijalan karena waktu itu pertama kalinya aku diberhentiin polisi buat diperiksa surat-surat kendaraan yang aku bawa. Seharusnya surat kehilangan itu ada gunanya ketika STNK gak dibawa. Malah diajak debat, sampe akhirnya saya nanya "bapak siapa? bapak Kanit bukan? perwiranya mana?"

Aku bilang gitu karena polisinya lama ngobrol dan dia bilang nya mau dibikin surat tilang tapi nggak bae. Padahal pegang pulpen sama kertas tilang banyak banget. Dan ternyata ujung-ujungnya minta duit. "berapa aja"

Abis aku tanyain perwira nya mana aku malah disuruh jalan sambil pasang wajah kesel banget petugasnya. hahaha

Singkat cerita kemaren aku ke Bandung buat nyamperin sidang yang di tilang tanggal 18 Septermber, aku ke Pengadilan Negeri Jl. Jakarta no.42 Bandung berdua sama mamang. Perjalanan sekitar 1 jam (dari Ciparay).

Sampe sana ternyata nggak ada sidang! Jadi kita cuman dateng, lalu bayar, lalu ambil STNK atau surat yang ditahan. Itu berlaku buat kertas tilang warna merah .. Belum tau kalo warna biru atau yang lain.


Disana udah buanyak banget orang yang dateng buat ngambil surat mereka yang ditahan petugas operasi. Besaran denda nya keluar setelah surat tilang kita di stempel lalu kode atau nomer register tilang nya di proses sama Teller BRI yang bertugas dibilik sebelah. Aku kena pasal 283 ULLAJ dan dikenakan denda sebesar 78 ribu rupiah doang!

hm... Ternyata cepet juga proses pengambilan STNK yang kena tilang, ucapku.. abis itu Aku pulang dengan harapan nggak berurusan lagi sama polisi lalu lintas. DAMn

0 Response to "Ngambil STNK di Kejaksaan Negeri Jl. Jakarta No.42 Bandung"

Post a Comment